Kunjungan Prof. Tjandra Yoga Aditama ke KKP Pekanbaru, Buka Wawasan dan Bangkitkan Semangat Baru.

Pekanbaru, 16 November 2021

Hari ini Guru Besar Universitas Indonesia Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, MHA (Ino), DTMH (UK), DTCE (Jpn), Sp.P (Ino) berkunjung ke Kantor Induk KKP Kelas II Pekanbaru. Di sela-sela kesibukan Beliau yang baru saja selesai mengisi sebuah Seminar Kesehatan Nasional di Kota Pekanbaru Provinsi Riau dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tahun 2021, Beliau masih berkenan untuk menyempatkan diri demi berbagi ilmu, semangat, dan motivasi kepada para Squad KKP Pekanbaru.

Sebuah spirit dan energi yang luar biasa telah Beliau tularkan kepada seluruh pegawai KKP Pekanbaru yang hadir di Aula KKP Kelas II Pekanbaru sore ini, agar dalam melaksanakan tugas dan fungsi di masa pandemi ini tetap dapat terus berinovasi. Selain sebagai Pendidik Beliau juga pernah menduduki berbagai jabatan penting di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bahkan hingga di Badan Kesehatan Dunia / World Health Organization (WHO).

Beliau mengatakan bahwa WHO sangat Concern terhadap Kesehatan Pelabuhan atau Port Health. Kesehatan Pelabuhan merupakan sebuah unsur yang sangat penting dan urgent akan peranan dan fungsinya terutama di masa pandemi covid-19 ini. Semua Negara memiliki Port Health, meskipun secara struktural tidak mesti selalu berada di bawah departemen atau kementerian kesehatan.

Beliau mengapresiasi berbagai upaya cegah dan tangkal yang telah dilakukan oleh seluruh squad kesehatan pelabuhan dalam rangka mencegah keluar dan masuknya penyakit covid-19 ini di pintu keluar dan masuknya suatu Negara ataupun suatu wilayah.

Prof Tjandra mengatakan bahwa, saat ini Kantor Kesehatan Pelabuhan sedang disorot kinerjanya dan menjadi naik daun akibat adanya pandemic covid-19 ini, masyarakat yang dulunya tidak begitu mengenal Kesehatan Pelabuhan sekarang mulai banyak yang mengenal dan mengetahuinya.

Oleh sebab itu Prof Tjandra memberikan 3 nasehat atau pesan yang sangat bermakna bagi KKP di seluruh Indonesia. Pertama diharapkan agar KKP dapat menjaga Mutu dan kinerjanya, terutama dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjalankan kebijakan pemerintah. Kedua agar KKP dapat mempersiapkan produk ataupun program sebagai upaya untuk diversifikasi agar dapat mempertahankan eksistensinya setelah usai masa pandemic. Dan yang terakhir beliau memotivasi seluruh pegawai KKP agar dapat terus kreatif dan inovatif dalam bekerja sehingga dapat memberikan sumbangsih sebesar-besarnya bagi masyarakat dan bangsa ini khususnya dalam hal pencegahan dan pengendalian penyakit di pintu masuk Negara.

Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Prof. Tjandra Yoga Aditama yang telah berkenan untuk berkunjung dan berbagi dengan kami. Semoga kunjungan di sore ini dapat dapat memotivasi kami untuk dapat semakin tangguh dan tumbuh. Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku!

Humas KKP Kelas II Pekanbaru