Penilaian GERAKAN KANTOR BERHIAS di KKP Kelas II Pekanbaru

Gerakan Kantor BERHIAS (Berbudaya Hijau dan Sehat) adalah upaya mempercepat dan menyinergikan tindakan, dalam mewujudkan kantor hijau dan sehat di lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Di Kemenkes, implementasi Gerakan Kantor BERHIAS telah dijabarkan dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor HK.02.02/III/575/2019 tentang Pelaksanaan Gerakan Kantor BERHIAS di Lingkungan Kemenkes. Surat Edaran tersebut menghimbau kepada seluruh satuan kerja (satker) dan/atau pegawai untuk melakukan kegiatan yang mendukung gerakan Kantor BERHIAS. 
Berdasarkan surat No. KR.03.05/4/7412/2021 tanggal 29 September 2021 perihal Verifikasi Usulan Penunjukan Satker UPT dalam Pelaksanaan Penilaian Independen  Gerakan Kantor Berhias tahun 2021, KKP Kelas II Pekanbaru terpilih menjadi satker dalam pelaksanaan penilaian independen kantor Berhias. Peserta yang terpilih mengikuti penilaian independen ini sebanyak 25 satker. Tim penilai independen gerakan kantor berhias ini berasal dari : 
1. Kementerian ESDM
2. HAKLI
3. Kemenaker
4. FKM UI
5. ANRI
Adapun persiapan yang dilakukan KKP Kelas II Pekanbaru  adalah melaksanakan rapat persiapan dan mensimulasikan  kegiatan dari masing-masing aspek Gerakan Kantor Berhias secara virtual sebanyak 2 kali.
Hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021 pukul 10.30 – 12.00 WIB KKP Kelas II Pekanbaru mendapatkan jadwal dalam penilaian independen Kantor Berhias. Acara dimulai dengan paparan dari Kepala Kantor Kelas II Pekanbaru oleh Ibu dr. Aryanti, MM, MKM yang memaparkan tentang penerapan kantor Berhias   dan inovasi yang dilakukan dari tiap-tiap aspek kantor Berhias, antara lain: 
1. Aspek ramah lingkungan inovasinya menanam tanaman hidroponik dan membuat lavitrap
2. K3 Perkantoran inovasinya, gerakan makan sayur, tes kebugaran dan mekanisme pemakaian APD lengkap 
3. Efisiensi hemat energy inovasinya membuka jendela dan pintu selama 30 menit setiap hari
4. Pengelolaan arsip inovasinya aplikasi SIAS
5. Penerapan 5 R dengan cara perlombaan meja rapi, resik, ringkas bagi seluruh pegawai 
 
Penilaian independen ini dilakukan secara virtual melalui live video call dan wawancara. Aspek yang dinilai pertama  adalah efisiensi hemat dan energi, kedua K3 perkantoran dan ramah lingkungan, selanjutnya penerapan 5R dan pengelolaan arsip. 
 
Tim juri meminta tim kantor berhias KKP Kelas II Pekanbaru untuk menunjukan penerapan dari masing-masing aspek. KKP Kelas II Pekanbaru mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim penilai/juri atas masukan dan saran yang diberikan selama live video call. Saran dan masukan-masukan tersebut akan ditindaklanjuti guna perbaikan ke depannya, sehingga penerapan dari kantor berhias di KKP Kelas II Pekanbaru semakin meningkat dan harapannya terpilih menjadi juara penilaian kantor berhias
 
Team Humas KKP Kelas II Pekanbaru