Self Assessment Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di KKP Kelas II Pekanbaru

Self Assessment Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

di KKP Kelas II Pekanbaru

 

Self Assessment Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Kantor Kesehatan Kelas II Pekanbaru telah dilaksanakan oleh Tim Penilai Internal (TPI) Kementerian Kesehatan pada tanggal 23 s.d 24 September 2021 secara virtual. Penilaian ini merupakan kelanjutan dari Pre Asesment yang telah dilaksanakan oleh Tim dari Direktorat Investigasi Itjen Kemenkes RI yang dilaksanakan tanggal 16 dan 18 Agustus 2021 lalu yang juga dilaksanakan secara virtual. Self Assessemnt ini merupakan tahapan akhir dari proses penilaian usulan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi untuk jenjang Kementerian Kesehatan.

Proses penilaian oleh Tim TPI Kementerian Kesehatan berlangsung selama 2 (dua) hari. Hari pertama diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Tim TPI, Kepala Kantor, Ketua WBK, Kelompok Kerja (Pokja) dan Sub Pokja WBK serta seluruh pegawai KKP Kelas II Pekanbaru. Kemudian dilanjutkan dengan penilaian pada tiap Pokja, mulai dari Pokja Manajemen Perubahan; Penataan Tatalaksana; Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia; Penguatan Akuntabilitas; Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Kemudian pada hari kedua dilanjutkan dengan penilaian terhadap Sub Pokja Whistle Blowing System (WBS) dan Benturan Kepentingan.

Selanjutnya pada hari kedua juga dilakukan pertemuan exit meeting Self Assesment WBK dengan TPI Kementerian Kesehatan secara daring dan dihadiri oleh Kepala Kantor, Ketua WBK, Kelompok Kerja (Pokja) dan Sub Pokja WBK serta seluruh pegawai KKP Kelas II Pekanbaru. Pada pertemuan Exit Meeting ini dipaparkan hasil desk yang telah dilakukan oleh TPI Kementerian Kesehatan. Tim TPI menyampaikan bahwa Tim Pokja WBK KKP Kelas II Pekanbaru penuh semangat dan telah bekerja keras selama hampir 2 (dua) tahun untuk meraih predikat WBK. Semoga saja hasil penilaiannya nanti sesuai seperti apa yang kita harapkan, papar Hannif, SKM MPH selaku Ketua Pokja WBK sekaligus Kasubbag ADUM KKP Kelas II Pekanbaru.

Setelah pemaparan hasil desk dengan Tim Penilai Internal, dilanjutkan dengan tanggapan dan Closing Statement dari Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru. Pada kesempatan ini dr. Aryanti, MM, MKM mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Penilai Internal yang telah memberikan penilaian sekaligus arahan untuk perbaikan seluruh Tim Pokja ke depannya. KKP Kelas II Pekanbaru siap menindaklanjuti segala catatan-catatan yang diberikan untuk dapat terus meningkatkan pelayanan publik yang Excellent. KKP Kelas II Pekanbaru juga menyadari bahwa WBK bukan hanya sekedar predikat yang harus diraih, melainkan harus terwujud dalam bentuk perubahan kebaikan yang terus menerus. KKP Kelas II Pekanbaru akan terus berusaha menambahkan inovasi yang lebih kreatif dan siap untuk mewujudkan Pembangunan Zona Integeritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK/WBBM) di KKP Kelas II Pekanbaru.

 

HUMAS KKP Kelas II Pekanbaru