Pemeriksaan Swab Antigen Karyawan, Sebagai Skrining Awal Memutus Rantai Penularan

Pekanbaru, 3 Agustus 2021

Pada hari ini Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru melakukan pemeriksaan Swab Antigen pada karyawan di Kantor Induk. Kegiatan ini dilaksanakan atas instruksi Pelaksana Tugas Harian (Plt) Kepala KKP Pekanbaru Hannif SKM, MPH dalam arahan saat upacara rutin pada hari senin tanggal 2 Agustus 2021. Plt. Kepala KKP Pekanbaru menyampaikan bahwa saat ini ada empat (4) orang pegawai KKP Pekanbaru yang sedang melaksanakan Work From Home (WFH) karena yang bersangkutan atau keluarganya terkonfirmasi positif covid-19. Sebagai upaya skrining awal untuk memutus rantai penularan covid-19 di lingkungan KKP Pekanbaru maka seluruh karyawan KKP diwajibkan untuk diperiksa Swab Antigen.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Swab Antigen yang telah dilakukan pada hari selasa tanggal 3 Agustus 2021 tidak ada ditemukan karyawan yang hasil Swab Antigennya reaktif. Semoga saja tidak ada lagi karyawan KKP Pekanbaru yang terkonfirmasi positif covid-19 ke depannya. Kalaupun ada karyawan yang terkonfirmasi positif umumnya selama ini hanya mengalami gejala ringan atau tanpa gejala saja, karena seluruh karyawan KKP telah mendapatkan vaksinasi covid-19 dosis lengkap.

Tugas dan fungsi KKP Pekanbaru dalam hal cegah dan tangkal penyakit di pintu masuk wilayah pelabuhan dan bandara selama ini menjadikan karyawan KKP memiliki risiko lebih besar untuk terpapar virus Covid-19. Namun dengan berusaha disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M (Memakai masker dengan benar; mencuci tangan pakai sabun; Menjaga jarak Minimal 1 Meter; Menghindari kerumunan; dan Membatasi Mobilitas) serta ditambah upaya Vaksinasi-covid19 dengan dosis lengkap semoga seluruh karyawan KKP Pekanbaru dapat terlindungi, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan optimal.

 

Humas KKP Kelas II Pekanbaru