Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru Raih Penghargaan Kualitas Telaah Laporan Keuangan Terbaik Ketiga dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau

Pekanbaru, 11 Juni 2024 – Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru kembali menunjukkan komitmennya dalam mengelola keuangan negara dengan transparansi dan akuntabilitas tinggi. Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/4644/2021, yang menegaskan peran unit akuntansi dan pelaporan keuangan pembantu pengguna anggaran di tingkat wilayah vertikal Kementerian Kesehatan, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru mengemban tanggung jawab penting dalam penyusunan laporan keuangan tingkat wilayah untuk tiga satuan kerja di Provinsi Riau (UAPPA–W (05)).

Sebagai koordinator wilayah, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru diwajibkan untuk menyusun Laporan Keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan dan kaidah pengelolaan keuangan dengan basis akrual. Hal ini bertujuan untuk menyajikan informasi keuangan yang transparan, akurat, dan akuntabel, sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara.

Pada tanggal 11 Juni 2024, upaya keras dan dedikasi tim Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru membuahkan hasil gemilang dengan diraihnya penghargaan sebagai satuan kerja dengan kualitas telaah laporan keuangan tingkat UAPPA-W terbaik ketiga dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau. Penghargaan ini diberikan dalam kategori satuan kerja dengan jumlah UAKPA hingga 10 satker.

Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru, dr. Aryanti, MM, MKM, menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, Tim Perencanaan, Tim Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) serta seluruh tim yang terlibat atas pencapaian ini. “Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen seluruh anggota tim dalam menyusun laporan keuangan yang tidak hanya memenuhi standar akuntansi pemerintah tetapi juga mencerminkan integritas dan dedikasi kita dalam pengelolaan keuangan negara,” ujarnya.

Laporan keuangan yang disusun oleh Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru memiliki peran penting sebagai sumber informasi yang berguna bagi para pengguna laporan keuangan, khususnya dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Informasi ini juga menjadi alat bagi manajemen dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, sejalan dengan upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Penghargaan ini semakin memotivasi Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan, guna mendukung pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di wilayah Provinsi Riau.