Assessment Kedua Pelabuhan Sehat di Terminal Petikemas Pelindo Perawang: Bukti Tekad dan Keseriusan Forum Tingkatkan Kesehatan Pelabuhan

Perawang, 14 Mei 2024 - Forum Pelabuhan Sehat mengadakan rapat Assessment Kedua Pelabuhan Sehat di Terminal Petikemas Perawang hari ini. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk dr. Aryanti, MM, MKM dari Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru beserta tim kerja, Iswan A. Sukardi selaku Manager Teknik dan Muhammad Yoeqi sebagai Assistant Manager Sistem Manajemen, HSSE, dan Bina Pelanggan PT Pelindo Terminal Petikemas, Hamdan Siagian beserta tim kerja dari KSOP Pekanbaru, perwakilan Bea Cukai, dan Ketua Umum Koperasi TKBM.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan No. UM.207/2/2/KSOP PKU/2024 yang diterbitkan pada 13 Mei 2024, terkait Assessment Pelabuhan Sehat di Terminal Petikemas Pelindo Perawang. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas agenda kegiatan assessment kedua. Dalam pembahasan tersebut juga disampaikan hasil assessment pertama yang telah dilakukan perbaikan. Beberapa area yang telah mengalami perbaikan dan peningkatan, diantaranya: 

1. Penyediaan ruang sekretariat Forum Pelabuhan Sehat di kantor PT Pelindo Terminal Petikemas Perawang.

2. Penyediaan ruang laktasi di kantor PT Pelindo Terminal Petikemas Perawang.

3. Pembuatan Kawasan Tanpa Rokok di area PT Pelindo Terminal Petikemas Perawang.

4. Penanganan ceceran minyak di kawasan pelabuhan.

Selanjutnya, agenda dilanjutkan dengan pembahasan rinci mengenai hasil assessment kedua beserta rekomendasi yang perlu untuk ditindaklanjuti, yaitu:

1. Tempat Penampungan Sampah (TPS) akan dilengkapi dengan penutup dan saluran air lindinya akan diperbaiki pada minggu ketiga bulan Mei 2024.

2. Penyediaan tempat cuci tangan akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Mei 2024.

3. Penyediaan tempat parkir untuk disabilitas akan diselesaikan pada minggu ketiga bulan Mei 2024.

4. Promosi kesehatan di area parkir akan ditingkatkan dan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Mei 2024.

5. Surat Edaran Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok akan diterbitkan dan disebarkan pada minggu ketiga bulan Mei 2024.

Forum Pelabuhan Sehat berharap agar setiap koordinator dan anggota forum dapat melakukan pemantauan serta memastikan pelaksanaan rekomendasi ini berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Komitmen ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pelabuhan yang lebih sehat dan aman bagi seluruh pengguna jasa pelabuhan.

Pertemuan Forum ini menegaskan pentingnya kolaborasi antar instansi dan perusahaan dalam meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan di lingkungan pelabuhan, sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan para pengguna jasa pelabuhan.

Humas Balai Karkes KeLas I Pekanbaru