Balai Karkes Kelas I Pekanbaru melaksanakan survei pendahuluan di Pelabuhan Pelindo Terminal Petikemas Perawang, dalam rangkaian inisiatif menuju Pelabuhan Sehat.

Tim Kerja Pengawasan Faktor Resiko Kesehatan Lingkungan dari Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru pada hari ini melakukan survei pendahuluan di Pelabuhan Pelindo Terminal Petikemas Perawang. Melalui survey pendahuluan ini terungkaplah berbagai langkah inisiatif dan proaktif yang telah diambil oleh pihak Pelindo. Mulai dari penyediaan dan pengelolaan air bersih sesuai standar yang mencukupi untuk seluruh aktivitas pekerja, hingga pengelolaan limbah cair dengan sistem biofilter yang efisien.

tidak hanya itu, Pengangkutan sampah juga telah terjadwal baik ke Tempat Pemrosesan Sampah (TPS) maupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi bukti komitmen terhadap kebersihan. Sementara inovasi dalam pengelolaan sisa sampah kering menjadi kompos merupakan langkah nyata upaya Pelabuhan Pelindo Terminal Petikemas Perawang menuju lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk berkelanjutan.

Di sisi kesehatan dan keselamatan kerja, Pelabuhan Pelindo Terminal Petikemas Perawang menegaskan standarnya dengan memastikan semua karyawan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai saat bekerja. Gerakan hidup sehat dan kegiatan rutin bersih-bersih menjadi bagian integral dari budaya kerja.

Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pekanbaru, dr. Aryanti, MM, MKM menyampaikan bahwa Dalam upaya meningkatkan kolaborasi dan koordinasi, rencananya peluncuran Surat Keputusan (SK) Forum Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Pelindo Terminal Petikemas Perawang akan dilaksanakan pada akhir Mei 2024 ini. Hal ini adalah momentum yang baik untuk mengawali langkah penting dalam memperkuat sistem kelembagaan untuk mewujudkan Pelabuhan Sehat di Pelabuhan Pelindo Terminal Petikemas Perawang yang lebih baik di masa depan. Semoga seluruh inisiatif dan Langkah baik ini mendapat dukungan positif dari seluruh lintas sektor di Pelabuhan.

Humas Balai Karkes Kelas I Pekanbaru