Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru Siap Aktif dan Bersinergi dalam PAM NATARU di Pelabuhan dan Bandara

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesehatan dan keamanan masyarakat di sekitar wilayah kerja Pelabuhan dan Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan tim gabungan dalam kegiatan PAM NATARU (Pemantauan, Analisis, dan Manajemen Risiko Terpadu) di setiap wilayah yang menjadi fokus operasional.
 
Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru telah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang memadai, termasuk sarana pemeriksaan kesehatan dan tenaga medis yang terlatih. Ruang isolasi dan penanganan darurat telah disiapkan untuk menghadapi kemungkinan situasi kesehatan yang darurat. Sejumlah tim medis yang terlatih dan berpengalaman dalam menangani berbagai kondisi kesehatan juga telah disiapkan. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang protokol kesehatan dan keamanan, serta dapat memberikan respon cepat terhadap situasi darurat.
 
Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru memiliki sistem pemantauan dan analisis risiko yang terintegrasi. Ini mencakup pemantauan kondisi pelaku perjalanan, analisis potensi risiko penyakit, dan perencanaan strategis untuk mengatasi situasi darurat kesehatan di wilayah pelabuhan laut maupun udara. Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru juga bersedia untuk bekerjasama dengan tim gabungan dalam melaksanakan kegiatan PAM NATARU. Koordinasi yang baik antara pihak kesehatan, keamanan, dan pihak terkait lainnya akan menjadi kunci keberhasilan untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat di sekitar Pelabuhan dan Bandara.
 
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru, dr. Aryanti, MM, MKM memberikan arahan kepada petugas yang mendapatkan jadwal PAM Nataru di lapangan agar aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai himbauan untuk kembali memakai masker, khususnya ketika sedang berada di kendaraan umum serta keramaian sebagai bentuk antisipasi peningkatan Covid-19. berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: IM.02.04/C/4864/2023 masyarakat juga kembali dihimbau untuk melengkapi dosis vaksinasi Covid-19 dalam upaya meningkatkan titer antibodi sebagai antisipasi peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, termasuk juga Indonesia. Ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelaku perjalanan dalam mencegah tertularnya penyakit dan memperkuat respons kolaboratif.
 
Dengan kesiapan ini, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat khusunya bagi pelaku perjalanan di wilayah kerja Pelabuhan dan Bandara. Kerjasama erat antara berbagai pihak menjadi fondasi utama untuk menghadapi tantangan kesehatan dan keamanan dengan efektif dan efisien.
 
 
Humas KKP Kelas II Pekanbaru