KKP Pekanbaru Sosialisasi e-K3JU kepada Jamaah Umroh saat Pengawasan Kedatangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II

Pekanbaru, 25 Agustus 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan pengawasan kesehatan bagi para jamaah umroh yang tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II pada hari ini. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan dan keselamatan jamaah serta cegah dan tangkal penyebaran penyakit oleh pelaku perjalanan internasional.
 
Pengawasan Kesehatan yang dilakukan pada Jamaah Umroh diantaranya adalah pengawasan suhu tubuh dan gejala-gejala penyakit yang dialami oleh jamah umroh. Jamaah yang mengalami gejala atau suhu tubuh di atas batas normal akan langsung mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. berdasarkan hasil pengawasan yang dilaksanakan hari ini tidak ada ditemukan jamaah dengan suhu tubuh di atas batas normal dan seluruh jamaah dalam keadaan sehat saat memasuki terminal kedatangan internasional Bandara Sultan Syarif Kasim II.
 
Selain kegiatan pengawasan kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru juga melaksanakan sosialisasi mengenai Sistem e-K3JU (Elektronik Kartu Kewaspadaan Jamaah Umroh). Sistem ini merupakan inovasi dalam pengelolaan data kesehatan para jamaah umroh secara digital, yang bertujuan untuk memudahkan pemantauan kesehatan jamaah selama masa umroh dan setelah kembali ke tanah air. Di dalam sistem e-K3JU terdapat formulir kesehatan dan riwayat perjalanan sebagai bagian dari proses pengawasan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat kepada tim medis dan memudahkan pelacakan kontak jika diperlukan.
 
Petugas kesehatan memberikan panduan kepada jamaah tentang cara penggunaan e-K3JU dengan cara Scan Barcode. Petugas memandu jamaah umroh untuk melakukan pengisian data kondisi kesehatan saat tiba, hingga pelaporan gejala atau permasalah kesehatan yang timbul setelah tiba di tanah air. Sistem ini akan memungkinkan tim medis untuk melakukan pemantauan jarak jauh terhadap kondisi kesehatan jamaah dan memberikan respons cepat jika ada indikasi masalah kesehatan, serta pelaporan kepada fasilitas kesehatan terdekat dengan tempat tinggal jamaah umroh.
 
Kegiatan pengawasan kesehatan dan sosialisasi e-K3JU ini mencerminkan komitmen Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru dalam menjaga keselamatan dan kesehatan para jamaah umroh. Dengan adanya tindakan ini, diharapkan penyebaran penyakit dapat dicegah, dan jamaah umroh dapat tetap sehat setelah kembali dari melaksanakan ibadah dari tanah suci. Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama dalam menjaga kesehatan dan keselamatan bersama serta pencegahan penyebaran penyakit.
 
Humas KKP Kelas II Pekanbaru