Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru Dorong Kesehatan Pegawai Melalui Kegiatan Pengukuran Kebugaran Metode Rockport

Pekanbaru, 24 Agustus 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru mengambil langkah berarti dalam mendorong kesehatan dan kesejahteraan pegawainya dengan mengadakan kegiatan pengukuran kebugaran kesehatan menggunakan metode Rockport di Aplikasi Sipgar. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebugaran fisik serta mengajak pegawai untuk hidup lebih sehat.
 
Metode pengukuran kebugaran yang diadopsi, yaitu metode Rockport, melibatkan pegawai dalam aktivitas lari kecil sejauh 1,6 kilometer. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran fisik masing-masing individu, tetapi juga sebagai ajang untuk membangun semangat juang dan kebersamaan di antara rekan kerja.
 
Ibu dr. Aryanti, MM, MKM selaku Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru, menyatakan, "Kesehatan pegawai adalah aset berharga bagi kantor ini. Melalui kegiatan pengukuran kebugaran ini, kami berharap dapat memberikan dorongan positif kepada pegawai untuk menjaga gaya hidup sehat. Dengan menjaga kebugaran fisik, pegawai akan memiliki energi dan produktivitas yang lebih baik dalam menjalankan tugas sehari-hari." 
 
Acara ini dimotori oleh Ibu Vera Yuniarti M.KKK. selaku Agent of Change (AoC) 4 Kantor Bersih, Hijau dan Sehat bekerjasama dengan Ibu Nefiarti, SKM selaku Agent of Change (AoC) 3 Pembangunan Jasmani dan Rohani Pegawai KKP Pekanbaru. Kegiatan ini juga didukung oleh tim medis KKP Pekanbaru dari Substansi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah yang memberikan pemantauan kesehatan sebelum dan setelah kegiatan. Selain itu, dilakukan pula pengukuran berbagai parameter kesehatan seperti tekanan darah, detak jantung, dan indeks massa tubuh sebagai bagian dari evaluasi kesehatan komprehensif.
 
Para pegawai cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka merasa bahwa kegiatan semacam ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan individu, tetapi juga menciptakan ikatan yang lebih erat di antara sesama pegawai. Salah seorang pegawai, Ibu Ners. Heni Kusumawati mengungkapkan, "Saya merasa bangga karena kantor kami peduli akan kesehatan kami. Semangat berkompetisi utnuk sehat juga semakin menguatkan hubungan kami di lingkungan kerja."
 
Dengan adanya kegiatan pengukuran kebugaran kesehatan menggunakan metode Rockport ini, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru menunjukkan komitmen dalam memprioritaskan kesehatan pegawai. Semoga kegiatan semacam ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi kesejahteraan seluruh anggota tim dan mendorong gaya hidup sehat di lingkungan kerja.
 
Humas KKP Kelas II Pekanbaru