Kegiatan Pengawasan Kesehatan Haji Ramah Lansia di EHA Riau

Halo sobat KKP Pekanbaru

Pada hari Rabu, 24 Mei 2023, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru melaksanakan kegiatan pengawasan kesehatan haji di Asrama Haji Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelayanan kesehatan haji yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk memastikan kesehatan dan keselamatan jemaah haji Indonesia.

Sebelum mulainya Kegiatan adanya Pemberian pengarahan oleh Kepala Kantor dr. Aryanti, MM, MKM. 

Adapun kegiatan pengawasan kesehatan haji meliputi beberapa hal, di antaranya adalah:

- Pemeriksaan kesehatan tahap ketiga. Pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai status kesehatan jemaah haji dan memberikan rekomendasi istitaah (mampu) atau tidak istitaah (tidak mampu) untuk berangkat haji. Jemaah haji yang dinyatakan istitaah akan mendapatkan kartu kesehatan jemaah haji (KKJH) yang berisi informasi kesehatan seperti rekam medis, vaksinasi, dan riwayat pembinaan kesehatan. KKJH memiliki dua kelompok warna, yaitu oranye dan putih. Jemaah haji dengan KKJH warna oranye merupakan jemaah haji yang masuk dalam status kesehatan risiko tinggi, sedangkan jemaah yang masuk dalam kategori putih masuk dalam status kesehatan tidak berisiko.

- Penyampaian promosi kesehatan. Promosi kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku jemaah haji terkait dengan kesehatan dan pencegahan penyakit. Promosi kesehatan dilakukan melalui penyuluhan, dan Pemutaran video.