KEGIATAN FOOD SECURITY PADA KUNJUNGAN KERJA RI 2 KE WILAYAH PROVINSI RIAU

Bertepatan dengan kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia ke wilayah Provinsi Riau pada hari Minggu-Senin tanggal 19-20 Maret 2023 dalam rangka kunjungan kerja RI 2 ke beberapa tempat atau daerah di wilayah Provinsi Riau, maka Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru yang memiliki tupoksi dalam cegah tangkal penularan penyakit di wilayah pelabuhan dan bandara langsung ikut mengambil peran dengan melaksanakan kegiatan food security di VVIP Lancang Kuning Bandara SSK II Pekanbaru. Kegiatan food security merupakan salah satu tindakan pencegahan dan pengamanan terhadap makanan dan minuman yang di hidangkan kepada pejabat negara (RI 1 dan RI 2) melalui serangkaian proses pemeriksaan sampel makanan dan minuman, baik secara fisik, kimia dan biologi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas makanan dan minuman yang dihidangkan kepada pejabat negara (RI 1 dan RI 2) dan mencegah terjadinya keracunan makanan (food borne disease).
 
Pada kesempatan kunjungan kerja RI 2 kali ini, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru melaksanakan kegiatan food security melalui Tim Food Security yang telah ditunjuk. Tim Food Security Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru beranggotakan sebanyak 4 (empat) orang yang berasal dari Substansi Pengendalian Resiko Lingkungan (PRL), terdiri dari : Marnadewi, SKM, MKM selaku Koordinator Substansi PRL dan Ketua Tim Food Security, Fazli, SKM, M.Si, Helmita Syarif, Nefiarti. N, SKM sebagai Anggota Tim Food Security. Tim ini melaksanakan kegiatan pertamanya pada tanggal 19 Maret 2023 di VVIP Lancang Kuning Bandara SSK II Pekanbaru yang di dampingi langsung oleh Tim Kesehatan dari Paspampres RI 2 dan Satgas Kesehatan dari Korem 031/Wirabima Pekanbaru. Kegiatan food security dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan spot test terhadap 27 sampel makanan yang akan dihidangkan dari Sanaya Catering secara fisik (rasa, bau dan warna), organoleptik dan kimia (formalin, arsenic, cyanide, nitrit dan lead) yang dimulai dari jam 14.15-15.25 WIB.
 
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa seluruh makanan dan minuman yang diperiksa sebanyak 27 sampel masih dalam kondisi baik secara fisik-organoleptik dan tidak mengandung zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan. Hasil pemeriksaan ini di catat langsung secara tertulis di dalam formulir hasil pemeriksaan makanan dan minuman secara Spot Test yang ditandatangani langsung oleh KesPasPamPres yaitu Pratu Dyas. F, Dan Sub Satgas Kes Korem yaitu Letkol Ckm M. Prijatna Komarrudin, SKM, MM, FRSPH, dan Penanggungjawab/Ka. Tim Sanitasi/Food Security KKP Kelas II Pekanbaru yaitu : Marnadewi, SKM, MKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh makanan dan minuman yang disajikan oleh Sanaya Catering di VVIP Lancang Kuning Bandara SSK II Pekanbaru masih dalam kondisi aman untuk di konsumsi oleh RI 2 beserta rombongan.
 
Tim Food Security KKP Kelas II Pekanbaru (Marnadewi, SKM, MKM, Fazli, SKM, M.Si, Helmita Syarif, Nefiarti. N, SKM)