KKP Pekanbaru Sambut Mahasiswa STIKes Payung Negeri dalam Kunjungan Belajar Surveilans Kesehatan Masyarakat

Pada hari selasa 15 November 2022 Mahasiswa STIKes Payung Negeri melaksanakan kunjungan belajar surveilans Kesehatan masyarakat di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru. Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1) yang berjumlah 32 orang ditambah 1 orang Dosen Pendamping dari STIKes Payung Negeri ini rencananya akan melakukan kunjungan belajar Surveilans Kesehatan Masyarakat selama 2 (dua) hari ke depan.

 

Rafis Wijaya, SKM, MKM selaku Plh. Kepala Kantor didampingi Kasubbag Administrasi Umum Hannif, SKM, MPH dan Ketua Tim Kerja Kelompok Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan Marnadewi, SKM, MKM menyambut kedatangan para mahasiswa di Aula KKP Kelas II Pekanbaru sekaligus memberikan arahan dan Paparan Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan dalam cegah dan tangkal keluar dan masuknya penyakit di pintu masuk negara. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut Kantor Kesehatan Pelabuhan tidak terlepas dari kegiatan Surveilans Epidemiologi, hal ini sesuai dengan tema kunjungan belajar yang diangkat oleh Dosen Pengajar dari STIKes Payung Negeri Dwi Sapta Aryantiningsih, M.Kes.

 

Rencananya pada hari ke-2 pada tanggal 16 November 2022 mahasiswa akan dibagi menjadi 2 kelompok dan mereka akan disebarkan di Wilayah Kerja Pelabuhan Sungai Duku dan Pos Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Harapannya selama 2 hari ini mahasiswa yang melaksanakan kunjungan lapangan di KKP Pekanbaru dapat melihat secara langsung kegiatan Surveilans yang dilaksanakan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru sebagai bahan pembelajaran dan pengalaman Kunjungan Belajar Lapangan dalam Mata Kuliah Surveilans Kesehatan Masyarakat.