KKP Pekanbaru Gelar Coffee Morning Bersama Stakeholder, Silaturahmi dan Sosialisasi Vaksinasi Meningitis dan Booster Covid-19 Bagi Lansia

Jumat, 25 Februari 2022

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru Gelar Coffee Morning di Hotel Aryaduta Pekanbaru Bersama Stakeholder. Pada kesempatan coffee morning ini selain bersilaturahmi juga diadakan sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis dan Booster Covid-19 bagi lansia. Sosialisasi ini disampaikan kepada Fasilitas Kesehatan (Faskes) Penyelenggara Vaksinasi Meningitis yang telah menjadi Mitra KKP Kelas II Pekanbaru dan juga Travel Agent Penyelenggara Haji dan Umrah yang ada di Provinsi Riau. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring (onsite) dan daring (online).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin dan mempererat silaturahmi dengan stakeholder, memberikan Update informasi tentang mekanisme pelayanan vaksinasi meningitis di masa pandemic covid-19 yang dilaksanakan oleh Faskes Mitra KKP Pekanbaru, termasuk tata cari permohonan kartu International Certificate of Vaccination (ICV) di KKP Pekanbaru, Pelaksanaan Vaksinasi, prsoses penerbitan kartu ICV bagi masyarakat yang sebagian besarnya adalah calon jamaah haji dan umroh, update regulasi dan peraturan, serta untuk dapat mendiskusikan permasalahan yang ditemui di lapangan sehingga diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat meningkat lebih baik lagi dari sebelumnya. Selain diskusi tentang vaksinasi meningitis juga dipaparkan tentang pentingnya vaksinasi Booster covid-19 bagi masyarakat khususnya lansia ataupun jamaah yang akan bepergian ke luar negeri ataupun melaksanakan ibadah Umroh ataupun haji. Travel Agent Haji dan Umroh sebagai  penyelenggara perjalanan haji dan umroh juga harus update terhadap aturan dan regulasi ini untuk kelancaran masyarakat kita yang akan melaksanakan perjalanan ibadah ke luar negeri.

Hal tersebut di atas perlu disosialisasikan kepada stakeholder dan pengguna jasa KKP Kelas II Pekanbaru sebagai upaya pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan berdasarkan dengan International Health Regulation tahun 2005 dan Permenkes nomor 33 tahun 2021, yaitu untuk cegah tangkal keluar masuknya penyakit dan atau faktor risiko Kesehatan di pintu masuk negara. Vaksinasi merupakan salah satu upaya cegah tangkal penyakit bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar negeri khususnya ke negara-negara terjangkit atau berisiko tinggi terhadap penyakit-penyakit tertentu yang dalam hal ini adalah meningitis dan covid-19.

Berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Nomor 2745 tahun 2018 dinyatakan bahwa Vaksinasi untuk pelaksanaan ibadah Umroh dapat dilaksanakan oleh faskes yang sudah mendapatkan izin dari Kantor Kesehatan Pelabuhan. Berdasarkan data dari Tim Verifikator KKP Kelas II Pekanbaru, jumlah Faskes Mitra Penyelenggara Vaksinasi Meningitis yang telah resmi di Provinsi Riau yang berada di bawah pembinaan dan pengawasan KKP Kelas II Pekanbaru sampai saat ini adalah sejumlah 14 Faskes ditambah 2 Faskes yang sedang dalam proses verifikasi untuk bergabung menjadi mitra KKP Pekanbaru. 14 Faskes tersebut adalah sebagai berikut:

1.       RS. Eka Hospital

2.       RS. Awal Bros Pekanbaru

3.       RS. Awal Bros Ahmad Yani

4.       RS. Awal Bros Panam

5.       RS. Awal Bros Ujung Batu

6.       RS. Prof. Tabrani

7.       RS. Syafira

8.       RS. Sansani

9.       RS. Surya Insani Pasir Pengaraian

10.   Klinik Mulya

11.   Klinik Anzani

12.   Klinik dr. Mega Pasir Pengaraian

13.   Klinik dr. Yulia Santi Pelalawan   

14.   Klinik Rezki Medika

Pada kesempatan Coffe Morning hari ini Hannif, SKM, MPH Selaku Kasubbag ADUM KKP Pekanbaru yang mewakili Kepala Kantor memberikan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan faskes mitra atas Kerjasama yang baik selama ini khusunya dalam hal penyelenggaraan vaksinasi meningitis bagi jamaah umroh dan pelaporannya di System Informasi Kekarantinaan Kesehatan (SINKARKES) Kementerian Kesehatan. Semoga ke depannya kita dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Jika ada kritik, masukan dan saran dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang kami berikan silahkan sampaikan melalui saluran pengaduan masyarakat melalui media website kami pada link: https://www.kkppekanbaru.com/dumasdu/  papar Hannif dalam sambutannya pada kegiatan coffee morning hari ini.

Selanjutnya Hannif yang juga sebagai ketua Tim Pembangunan Zona Integeritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di KKP Kelas II Pekanbaru mohon dukungan dari para stakeholder bagi KKP Kelas II Pekanbaru yang sedang dalam proses Pembangunan Zona Integeritas Wilayah Bebas dari Korupsi. Pada tahun 2021 yang lalu KKP Pekanbaru telah berhasil meraih predikat WBK Kementerian Kesehatan, dan pada tahun 2022 ini sedang berproses dan diusulkan oleh Dirjen P2P Kementerian Kesehatan untuk penilaian Wilayah Bebas dari Korupsi Tingkat Nasional oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara – Reformasi dan Birokrasi (MENPAN RB). Semua proses ini tidak lain hanyalah bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat khususnya pengguna jasa KKP Kelas II Pekanbaru, tutup Hannif dalam sambutannya pada kesempatan coffee morning hari ini.

 

Humas KKP Kelas II Pekanbaru